SEPENGGAL KISAH DI UNTIRTA : JADI MABA DI UNTIRTA

Libur gabut, kuliah capek nugas. Hari ini gw gabut banget, temen2 gw masih pada UAS, sedangkan bentar lagi kuliah gw udah masuk. Mau keluar mager karena hujan becek… tapi ada ojek kok.

Gw mencoba membuka lagi blog2 gw yang mungkin kalo dia sebuah benda pasti udah banyak sarang laba2nya, dan gw baru inget dulu waktu gw berjuang masuk ujian perguruan tinggi, dan someday gw keterima di PTN, gw bakal nulis pengalaman gw di blog ini. Dan here I am.

Mungkin lu harus baca blog gw sebelumnya tentang bagaimana gw bisa terdampar di kampus ini. Oh iya, saat gw nulis blog ini, umur gw udah 20 tahun #gaberasaudahmulaitua #dekatkankudenganjodohyaallah , gw udah mau semester 4, nilai gw udah keluar semua, 3 hari lagi gw ke kampus buat minta tanda tangan kajur, 10 hari lagi gw bakal sibuk nugas, dan sekarang masih kangen kamu, iya kamuu~

Di 2015, gw termasuk salah satu orang yang beruntung diantara 50.000 lebih peserta SBMPTN yang daftar di univ gw dan hanya 3600 maba yang lolos. At least, gw dan temen2 gw yang jumlahnya 3.599 org udah ngalahin kurang lebih 46.400 peserta. Bilang WOW dong please..

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, (Ingat: bukan Agung ya tapi Ageng!). Panjang ya namanya? Banget. Tapi biasanya dikenal dengan sebutan UNTIRTA, (Ingat: bukan USAT ya!). Biasanya juga dikenal Maroon Jacket.

Buat yang baru denger nih atau baru baca, UNTIRTA adalah the one and only Perguruan Tinggi Negeri di Banten. Lokasinya? Lokasi kampus utama di Kota Serang. Tau kan Kota Serang? Ibukotanya Banten loh.

Jadi, untuk rektorat, fakultas hukum, fakultas ekonomi dan bisnis, dan fakultas pertanian, adanya di Kampus A (Pakupatan Kota Serang). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididikan adanya di Kampus C (Ciwaru-Kota Serang). Nah, buat Fakultas Teknik dan Fakultas Kedokteran adanya di Kampus B (Cilegon). Fakultas kedokteran akan dibuka tahun ini (2017). Buat yang mau tau kondisi dan mahasiswa di UNTIRTA silahkan cek instagram @untirtakita aja ya J. Itu official dari UNTIRTA.

Nah buat yang mau main kesini juga boleh.

Rute ke UNTIRTA Kampus A:

Kalau kalian lewat tol dari Jakarta/Tangerang, kalian ambil tol Jakarta-Merak terus keluar di tol serang timur. Abis keluar tol belok kiri lewatin Mall Of Serang, nanti sekitar 3 menit kalian pasti ketemu UNTIRTA deh. Buat yang daerah Balaraja, bisa naik Sahabat (atau apapun, yang penting rutenya Cirebon-Merak) dari pintu tol Balaraja Barat. Bilang aja ke terminal pakupatan serang (ongkos 7rb). Buat yang dari daerah Kota Tangerang bisa naik bis Murni (ongkos 10rb). Yaa kalo dari Balaraja, sekitar 30 menit udah nyampe langsung depan kampus.

Nah kalau lewat jalan biasa, kalian Cuma ikutin rute Jakarta-Merak. Waktunya sih tergantung ya.. Kalo dari daerah Tangerang biasanya 1,5 jam kalo lancar.

Udah intro, gw disini bakal nyeritain 2 tahun lalu gw jadi maba, dan ikut ospek pastinya.

Dimulai dari registrasi. Dan sumpah ya emang kalo Perguruan Tinggi Negeri ribet banget ngurus registrasinya, soalnya gw liat persyaratan registrasi temen2 gw yang di Perguruan Tinggi Swasta ya menurut gw ga seribet gw gitu. Waktu tahun gw persyaratannya :

  1. Foto Terbaru (background merah)
  2. Ijazah atau SHUN atau Surat Keterangan Lulus
  3. Kartu Peserta Ujian (SNMPTN/SBMPTN/UMB-PT)
  4. Akta Kelahiran atau Kartu Keluarga
  5. Pajak Bumi dan Bangunan Tahun ini atau Tahun lalu
  6. Bukti Penghasilan Ayah
  7. Surat Keterangan Bebas Narkoba
  8. Surat Keterangan Sehat
  9. Bukti Penghasilan Ibu
  10. Tagihan Listrik Terbaru

Biasanya tiap tahun beda2, tergantung dari rektoratnya. Waktu gw ngurus registrasinya gw mesti bolak-balik ke puskesmas ngurus keterangan tidak buta warna, RSUD, sampe kelurahan. Gw gabakal menjabarkan tentang biaya kuliah disini, ribet banget. Tiap tahun beda2 soalnya kebijakannya.

Registrasi beres. Saatnya gw mendaftar ospek. Di kampus gw, ternyata ospek ada 3. Ospek Universitas, Ospek Fakultas, Ospek/Makrab Jurusan. Gw sarankan untuk ikut semua. Karena seru banget, bisa nambah pengalaman dan temen juga.

Ospek Universitas. Biasanya diadain waktu bulan Agustus. Jadi setiap 17 Agustus, kita upacara kemerdekaan bareng rektor dan mahasiswa baru. Biasanya ada pengumuman Mahasiswa Berprestasi juga. Waktu 2015, Ospek Univ ini namanya MOMB UNTIRTA (Masa Orientasi Mahasiswa Baru) dan diselenggarakan 3 hari berturut2, mulai 2016 namanya jadi KPK UNTIRTA (Kegiatan Pengenalan Kampus). Di ospek univ, temen2 sekelompok lu bakal dari berbagai fakultas dan jurusan. Di hari terakhir bakal ada penjemputan oleh masing-masing fakultas juga. Nah ini seru banget. Kalo ada stigma ospek itu diomel2in, gw harus bilang lu salah besar. Dulu gw ospek sama sekali seneng2, nyanyi2 dan bener2 gada senioritas. Gw ga disuruh bawa tas kardus, rambut dikuncir2 kayak orang gila. Ga sama sekali, disini ospek bener2 buat pengenalan kampus.

Ospek Fakultas. Diadainnya bertepatan abis ospek univ. Biasanya 2 atau 3 hari pelaksanaannya di kampus. Nah, disini temen2 kelompok lu bakal satu fakultas. Ada pengenalan tentang fakultas juga. Biasanya dresscodenya tergantung fakultas. Kalo gw FEB pake kemeja kuning. Di malam terakhir ada malam inagurasi gitu. Waktu tahun gw ada pelepasan lampion.

Lanjut ke ospek jurusan. Nah disini lu bisa jalan-jalan. Kegiatannya di luar kampus. Pelaksanaanya tergantung jurusan masing-masing. Jurusan gw waktu itu nyewa Villa di Carita Anyer. Di ospek jurusan lu bisa tambah deket dan kenal sama temen2 jurusan lu, dan ada pemaparan tentang jurusan dan sistem mata kuliah. Bisa cari gebetan sejurusan juga yekan.

Oiyah, gw belum cerita perasaan saat awal mula masuk sini. Awal mula masuk sini ya gw berasa ini bukan kampus impian gw. Gw memandang sebelah mata kampus UNTIRTA. Jauh dari ekspektasi gw, dulu pas gw masuk sini fasilitasnya belum kayak sekarang. Tapi yang mungkin bisa bikin gw bangkit lagi adalah melihat ternyata banyak banget temen2 gw yang dari luar Banten jauh2 ke sini. Ada yang dari Papua, Medan, Kalimatan. Banyak temen SMA gw jg yang daftar di kampus ini dan ga lolos. Sedangkan gw udah lolos tapi masih desperate karena bukan kampus dan jurusan ini tujuan gw. Tapi gw sekarang bangga banget dan bersyukur bisa kuliah di UNTIRTA, karena ga semua orang bisa kuliah disini.

“YELLOW JACKET ADALAH KAMPUS IMPIAN, MAROON JACKET ADALAH KAMPUS KEBANGGAAN.”

Ini adalah salah satu hasil dokumentasi gw waktu penerbangan lampion di penutupan ospek fakultas : https://www.youtube.com/watch?v=nMmCmDYAEMk

Nah itu awal mula gw masuk UNTIRTA. Nanti gw bakal cerita juga setelah gw kurang lebih 2 tahun di kampus ini.. See you.

Tinggalkan Balasan

